Kenali Manfaat Akupuntur Wajah

Banyak orang percaya jika akupuntur wajah mampu membuat kulit menjadi lebih muda dan untuk beberapa keluhan kesehatan lainnya, namun benarkah demikian?  Akupunktur merupakan salah satu pengobatan alternatif yang menggunakan metode pengobatan tradisional dan sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Pengobatan ini tidak hanya bisa pada badan, tangan dan kaki saja, tapi juga pada wajah. Manfaatnya, tak hanya untuk kecantikan tapi juga bisa membantu mengatasi beberapa keluhan atau penyakit.

Simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu akupuntur wajah?

Teknik pengobatan akupuntur berasal dari Tiongkok dan sudah WHO akui keberadaannya. Teknik pengobatan ini mampu membantu memperlancar peredaran darah dan mengatasi penyumbatan energi pada tubuh. Sehingga bisa berisiko mengakibatkan munculnya masalah kesehatan.

Prosedur akupuntur ini akan dilakukan oleh seorang ahli akupuntur dengan memasukkan jarum kecil ke titik akupuntur. Jumlah jarumnya beragntung pada berat-ringannya keluhan atau tujuan dari pengobatan. Kamu tak perlu khawatir karena tusukan jarum pada teknik pengobatan ini umumnya tidak menimbulkan rasa sakit.

Titik akupuntur pada wajah

Tujuan dari pengobatan asal Tiongkok ini adalah untuk membantu meningkatkan sirkulasi chi atau energi yang mengalir pada tubuh atau  jalur meridian. Berikut adalah beberapa titik akupuntur untuk mengatasi keluhan pada wajah.

  • LI 11 (Quchi), lokasinya berada pada area siku.
  • LI4 (Hegu), titiknya berada pada area area ibu jari
  • BL15, untuk  membantu melancarkan sirkulasi darah seluruh tubuh.

Selain ketiga titik tersebut, ada juga titik Yintang yang artinya ruang impresi. Titiknya berada pada dahi (antara dua ujung alis). Selain untuk membantu memperbaiki sirkulasi darah, titik ini juga bermanfaat untuk mengatasi sakit kepala, insomnia, dan rasa berat di kepala. Untuk mengatasi pusing, kamu juga bisa menekan titik Yintang selama satu menit dengan menggunakan jari.

Apa saja manfaatnya?

1. Menutrisi sel kulit

Tusukan jarum pada wajah akan membuat yang namanya luka mikrotrauma yang positif. Luka ini akan merangsang tubuh untuk membantu memperbaiki area pada wajah. Selain itu juga bisa untuk memberikan oksigen dan nutrisi pada sel-sel kulit wajah dengan cara menstimulasi sistem peredaran darah dan limfatik.

2. Meningkatkan produksi kolagen

Banyak orang percaya dengan teknik pengobatan tradisional ini yang bisa membuat wajah lebih awet muda. Alasannya karena tusukan pada titik tertentu pada wajah bisa menstimulasi produksi kolagen. Manfaat kolagen sendiri, seperti:

  • garis halus dan kerutan jadi minimal
  •  kulit kendur jadi kencang
  • membantu meningkatkan elastisitas kulit wajah.
3. Meringankan sakit kepala

Dari sisi medis, pengobatan  ini  akan merangsang berbagai sistem tubuh. Saat jarum berada pada titik akupunktur untuk sakit kepala, jarum akan merangsang saraf yang melepaskan hormon endorfin. Maka dari itu, bisa juga untuk membantu meredakan rasa nyeri.

Setelah mengetahui penjelasan tentang akupuntur wajah dan manfaatnya, pasti masih ada yang bertanya-tanya apakah ada efek samping? Untuk hal tersebut, pastinya ada efek samping namun sangat jarang terjadi.  Jika, terjadi hanya pada orang orang-orang yang memiliki kondisi tertentu. Oleh sebab itu, sebaiknya konsultasikan lebih dulu kepada ahlinya sebelum memutuskan akan menjalani pengobatan satu ini.

Terakhir, pastikan juga untuk melakukannya dengan ahli akupuntur yang sudah berlisensi. Hal ini untuk menghindari risiko yang mungkin bisa terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Jati Barat No. 34, RT007/005, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now