Amankah Melakukan Konsultasi Online Kesehatan?

Konsultasi online saat ini bisa dilakukan untuk pemeriksaan kesehatan. Saat ini, teknologi berkembang pesat dan banyak membantu masyarakat. Kita bisa melakukan konsultasi online kesehatan tanpa perlu memakan waktu dan menempuh jarak yang jauh.

Dalam bidang kesehatan, telemedicine adalah salah satu pelayanan kesehatan yang membantu dan memudahkan pasien untuk mendapat informasi kesehatan. Konsultasi online kesehatan pun  dengan memanfaatkan fasilitas internet, seperti lewat obrolan percakapan online atau chat hingga melalui video call dengan dokter. 

Layanan telemedicine 

Telemedicine adalah layanan  konsultasi kesehatan dengan dokter tanpa harus bertemu langsung. Layanan ini sangat memudahkan pasien karena bisa berkonsultasi dengan dokter secara online. Sehingga pasien mendapatkan solusi dari keluhan yang dialami tanpa perlu repot keluar dari rumah dan menghabiskan banyak waktu. 

Konsultasi online dengan dokter

Pasien dapat menentukan sendiri media yang akan digunakan untuk berkonsultasi, seperti dengan menggunakan panggilan telepon, chat, hingga konsultasi lewat video call. Layanan ini tentu sangat membantu pasien yang memiliki tempat tinggal cukup jauh dari fasilitas kesehatan, sehingga metode ini  lebih fleksibel dan juga hemat waktu.

Baca Juga: Perbedaan Konsultasu kesehatan online dengan telemedicine

Amankah konsultasi online kesehatan?  

Pertanyaan ini tentunya akan muncul seiring dengan kehadiran mearaknya fasilitas kesehatan atau aplikasi yang menawarkan layanan satu ini. Hal  ini wajar terjadi karena layanan  ini cukup baru di Indonesia yang kemudian,  memunculkan kekhawatiran pada pasien sebelum memutuskan untuk menjalani pemeriksaan medis secara online. 

Namun, tak perlu khawatir, tentunya sudah mengikuti syarat dan juga ketentuan kode etik kedokteran yang berlaku, misalnya tidak akan menyebarluaskan data pasien dan juga informasi kesehatan  pasien. Kementerian Kesehatan RI pun sudah mengeluarkan UU yang mengatur layanan ini.

Selain itu, jika dokter merasa pasien perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut, biasanya  dokter akan merekomendasikan pemeriksaan secara langsung di tempat pelayanan kesehatan. 

Nah, ada beberapa tips nih yang mungkin bisa membantu sebelum memutuskan menggunakan layanan kesehatan ini.

1. Jelas

Pilihlah atau gunakan jasa layanan berkonsultasi online dengan dokter yang sudah jelas. Misalnya, layanan ini dari rumah sakit atau klinik kesehatan. Atau kamu juga bisa menggunakan jasa aplikasi.

2. Pastikan data diri benar

Pasien perlu memberikan data dan informasi yang jelas.

3. Sampaikan keluhan dengan jelas

Karena kamu tidak bisa bertemu dengan dokter secara langsung, maka perlu untuk menjelaskan dengan detail terkait keluhan penyakit yang pasien rasakan.   Hal ini akan memudahkan dokter untuk mendiagnosa dan memahami tindakan terbaik yang dapat dokter sarankan kepada pasien.

4. Sampaikan informasi yang jelas

Tak hanya menyampaikan keluhan dengan jelas, tapi jugha riwayat penyakit yang pasien miliki jika ada. Atau aktivitas, obat, vitamin, makanan, minuman  apa yang pasien lakukan sebelum mengalami keluhan. Katakan juga jika memiliki alergi obat untuk menghindari pemberian obat yang akan membawa efek samping.

5. Pastikan kamu paham dengan penjelasan dokter

Tentunya ini penting walaupun tidak dapat bertemu langsung, pasien perlu memahami apa yang dokter jelaskan. Jika ada penjelasan yang tidak kamu pahami, mintalah dokter untuk menjelaskan ulang dengan bahasa yang lebih mudah agar tidak terjadi kesalahan informasi antara apa yang dokter sampaikan  dengan apa yang pasien pahami. 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Jati Barat No. 34, RT007/005, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now