Infeksi Telinga Memicu Penyakit Lain Hingga Kelumpuhan Wajah

Infeksi telinga tengah (otitis media) merupakan salah satu penyakit biasa terjadi pada anak-anak. Meskipun begitu, kondisi ini juga tidak bisa dianggap sepele karena bisa memengaruhi kerja otak. Risiko paling parah dari kondisi ini yang tidak mendapatkan penanganan yang tepat adalah kelumpuhan wajah.

Apa penyebab infeksi telinga tengah?

Otitis media umumnya terjadi ketika gejala sinusitis atau pilek anak tak kunjung sembuh. Hal ini kemudian menyebabkan ingus berkumpul pada ruang kosong dalam telinga tengah yang harusnya hanya terisi oleh udara.

Teling tengah kemudian mengalami kelembapan sehingga meningkatkan risiko virus dan bakteri berkembang biak yang dapat  menyebabkan peradangan. Peradangan yang tidak segera mendapatkan penanganan tepat akan menyebabkan telinga menjadi sakit, bengkak sampai keluar nanah.

Apa hubungannya infeksi telinga dengan fungsi otak?

Jika tidak segera mendapatkan perawatan yang tepat dapat memengaruhi fungsi otak. Hal ini karena organ pada bagian dalam telinga  berdekatan dengan otak sehingga infeksi yang terjadi bisa menjalar ke jaringan otak. Berikut merupakan kemungkinan risiko komplikasi akibat infeksi telinga tengah yang memengaruhi  fungsi otak:

Hilang pendengaran

kehilangan pendengaran karena infeksi telinga

Kondisi ini jarang terjadi, kira-kira 2 dari 10.000 anak yang menglami otitis media namun mendapatkan pengobatan seadanya saja. Namun, jangan anggap sepele, gangguang pendengaran tingkat sedang sampai serius juga bisa menyebabkan menurunnya daya ingt dan kemampuan berpikir.

Selain itu, menurut para ahli gangguan pendengaran akan membuat seseorang mengalami penyusutan otak yang bisa menyebabkan fungsi otak menurun.

Abses otak

Abses otak merupakan salah satu komplikasi infeksi telinga tengah yang paling serius. Cairan berisi bakteri yang menggenang dalam telinga mengalir ke otak dan akhirnya menumpuk.  Semakin lama, cairan yang menumpuk tersebut berubah menjadi nanah kemudian meningkatkan tekanan dalam rongga kepala. Abses otak ini dapat berisiko fatal, yaitu kematian.

Vertigo dan hilang keseimbangan

Cairan infeksi akan menyumbat saluran eustachius yang terdapat pada bagian dalam telinga akan menyebabkan vertigo.  Selain itu, saluran tersebut berfungsi untuk mengatur tekanan udara dalam telinga tetap seimbang dan mengatur keseimbangan tubuh.

Tapi jika telinga bagian dalam mengalami masalah akibat peradangan pada syaraf vestibulokoklear telinga bisa juga mengakibatkan kamu mudah hilang keseimbangan.

Meningitis

Meningitis merupakan infeksi yang menyebabkan peradangan pada selaput pembungkus sekitar otak dan sumsum tulang belakang.

Dalam kasus yang parah, penyakit ini  dapat menyebar ke pembuluh darah pada otak kemudian menyebabkan pembekuan darah, sehingga berisiko alami stroke.

Kelumpuhan wajah

Bell’s palsy yang dapat menyebabkan penderitanya mengalami kelumpuhan wajah juga menjadi salah satu risiko komplikasi akibat otitis media.

Kelumpuhan otot wajah bisa menyebabkan perubahan bentuk di salah satu sisi wajah. Namun, sekitar 95% pasien otitis media yang mengalami kelumpuhan wajah bisa pulih sepenuhnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Jati Barat No. 34, RT007/005, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now