kesemutan di wajah

Ketahui Bahaya Kesemutan di Wajah yang Terlalu Sering dan Penyebabnya

Tidak semua orang pernah merasakan kesemutan di wajah. Sebab, biasanya kesemutan seringnya terjadi pada area kaki ataupun tangan. Namun, beberapa orang pernah mengalami kesemutan pada bagian wajahnya. Umumnya, gangguan ini terjadi karena adanya masalah pada saraf. Yang harus Anda perhatikan adalah jika sering mengalami kesemutan pada wajah dan berlangsung cukup lama.

Penyebab Kesemutan Pada Wajah

Kesemutan pada wajah

Sebagian orang merasakan sensasi seperti tertusuk atau tersetrum saat mengalami kesemutan. Kondisi ini dapat dialami oleh siapapun, dan biasanya dapat memengaruhi seluruh bagian wajah atau hanya pada satu sisi wajah saja.

Kesemutan yang cukup parah akan sangat mengganggu penderitanya dan menimbulkan rasa ketidaknyamanan karena bisa menyebabkan rasa sakit pada wajah. Sama halnya dengan kaki ataupun tangan, kesemutan pada wajah juga termasuk dalam kondisi paresthesia. Paresthesia itu sendiri adalah sensasi abnormal, seperti kebas (mati rasa), gatal, hingga sensasi terbakar.

Penyebab kesemutan pada wajah tentunya berbeda dengan kesemutan pada bagian tangan ataupun kaki. Jika terlalu sering, gangguan ini bisa menjadi tanda seseorang mengalami kondisi medis yang serius seperti berikut ini.

Kerusakan Saraf

Adanya kerusakan atau gangguan pada saraf merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami kesemutan pada wajahnya. Penyebab umum gangguan wajah ini adalah neuropati, yaitu cedera pada saraf tubuh yang dapat terjadi pada wajah.

Jika Anda merasakan kesemutan dan wajah terasa nyeri pada satu sisi bagian saja, bisa jadi ini adalah tanda Anda mengalami penyakit trigeminal neuralgia. Gangguan ini dapat terjadi ketika ada kerusakan pada saraf trigeminal. Selain kesemutan, gejala lainnya bisa berupa rasa sakit seperti tersengat listrik ataupun sakit gigi parah.

Bell’s Palsy

Bell’s palsy berbeda dengan stroke meskipun memang gejalanya hampir sama namun penyebabnya berbeda. Kondisi ini merupakan penyakit neuropati akibat terjadinya peradangan pada saraf wajah. Penyakit ini mengakibatkan kelumpuhan sebelah wajah sementara. Gejalanya bisa berupa rasa nyeri pada rahang, telinga, mata kering hingga telinga berdenging.

Multiple Sclerosis

Multiple sclerosis merupakan penyakit yang memengaruhi sistem saraf pusat. Gejala yang paling umum adalah kesemutan atau mati rasa pada bagian wajah. Namun, gejalanya berbeda pada setiap orang, seperti kelemahan otot, mudah lelah, gangguan penglihatan,ataupun vertigo. Kondisi ini terjadi ketika sistem imun mengalami gangguan sehingga menyerang tubuh sendiri, terutama pada selubung pelindung sel saraf.

Hingga kini, belum ada obat untuk menyembuhkan multiple sclerosis, namun ada beberapa obat yang dapat mencegah kondisinya semakin parah.

Cara Menangani Kesemutan Akibat Gangguan Saraf Wajah

Klinik Arfa Pain merupakan pusat pelayanan kesehatan yang fokus dalam menangani berbagai masalah nyeri dan gangguan saraf wajah. Dengan menggunakan metode terkini dan mutakhir, pengobatan nyeri wajah langsung ditangani oleh para dokter spesialis bedah saraf profesional dan berpengalaman.

Jika terapi obat tidak lagi mampu mengatasi nyeri kronis pada wajah, maka pilihan pengobatan dengan Radiofrekuensi Ablasi adalah yang terbaik.

Dengan Radiofrekuensi Ablasi, dokter akan menyuntikkan jarum ke ganglion yang terletak pada saraf trigeminus. Jarum kemudian akan tersambung dengan mesin radiofrekuensi dan menghasilkan gelombang selama beberapa menit.

Radiofrekuensi ablasi merupakan tindakan minimal invasif sehingga lebih aman dan dokter dapat melakukan prosedur ini berulang kali untuk mengurangi atau menghilangkan nyeri pada wajah.

Untuk berkonsultasi dengan dokter di Klinik Arfa Pain, Anda bisa menghubungi nomor Call Center 021-7919-6999.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Warung Jati Barat No. 34, RT007/005, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now