Makanan Pereda Sakit Kepala Ini Harus Kamu Coba!

Selain mengonsumsi obat  sakit kepala, kamu juga bisa rutin mengonsumsi makanan pereda sakit kepala yang sehat yang diduga ampuh sebagai penghilang nyeri ini. Lalu, makanan apa saja yang bisa membantu menghilangkan sakit kepala?

Makanan pereda sakit kepala

Mengonsumsi makanan yang mengandung MSG, nitrat, tiramin, maupun minuman seperti alkohol dan kafein secara berlebihan bisa  menjadi penyebab sakit kepala. Jika ada makanan atau minuman yang bisa memicu sakit kepala, maka ada juga makanan pereda sakit kepala, seperti berikut ini:

1. Ikan tinggi omega-3

Sebuah penelitian pada pasien migrain menunjukkan, asam lemak omega-3 dapat menurunkan frekuensi sakit kepala, dan mempercepat durasi sakit kepala hingga 74 %. Hal ini terjadi karena asam lemak omega-3, terutama EPA, memiliki sifat anti-inflamasi yang salah satu manfaatnya  menghambat produksi prostaglandin, yaitu hormon yang memicu sakit kepala, nyeri dan peradangan. Ikan salmon, mackerel, trout, dan herring adalah beberapa contoh ikan dengan konsentrasi omega-3 yang tinggi.

2. Kacang almond

Kacang almond adalah contoh lain dari makanan pereda sakit kepala yang kaya akan kandungan magnesium. Kandungan magnesium memang  penderita sakit kepala butuhkan, terutama migrain.

Hal ini karena orang yang mengalami migrain cenderung memiliki kadar magnesium yang rendah daripada  mereka yang tidak. Adapun kadar magnesium yang rendah dalam aliran darah dapat menyebabkan peradangan, yang dapat menyebabkan sakit kepala migrain. Selain itu, kacang almond ini juga mengandung salicin, yaitu komponen anti-inflamasi yang ada dalam aspirin sebagai obat pereda untuk sakit kepala.

3. Roti gandum utuh

Rendahnya kadar gula darah adalah salah satu pemicu timbulnya sakit kepala tiba-tiba. Hal ini karena  minimnya kandungan glukosa yang juga memicu dehidrasi dan penurunan energi. Sehingga, suplai nutrisi dan oksigen yang edarkan menuju otak jadi berkurang.

Karbohidrat dalam gandum utuh tidak mudah dicerna oleh tubuh, sehingga dapat mempertahankan kestabilan kadar gula darah lebih lama dari roti putih biasa. Dalam sebuah penelitian  di Roma menunjukkan, meningkatkan konsumsi roti gandum utuh dan pasta gandum utuh, sekaligus mengurangi konsumsi roti putih, bisa membantu menurunkan serangan migrain dan penggunaan obat-obatan pereda nyeri dalam sebulan. Selain itu, gandum utuh juga mengandung magnesium yang baik untuk penderita sakit kepala.

4. Bayam

Sayuran merupakan makanan yang penting untuk kesehatan, termasuk bagi penderita sakit kepala. Bayam merupakan salah satu makanan yang dapat menjadi pereda sakit kepala. Bayam mengandung vitamin B, magnesium, dan mikronutrien penting lainnya yang diyakini dapat membantu menghilangkan gejala migrain atau sakit kepala yang serius.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Jati Barat No. 34, RT007/005, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now