Obat Nyeri Tulang Rahang Yang Perlu Diketahui

Obat nyeri tulang pilihannya beragam berdasarkan penyebabnya atau lokasi tulangnya. Oleh sebab itu, dokter akan memberikan obat nyeri tulang berdasarkan kondisi pasien. Maka, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter sehingga mengetahui penyebab sakitnya sebelum mengonsumsi obat.

Penyebab nyerinya pun beragam, seperti arthritis, kanker tulang, patah tulang, osteomyelitis (infeksi tulang), dan osteoporosis. Namun, penyebab paling umum dan paling  sering terjadi adalah patah tulang.

Kondisi ini tak hanya bisa dialami pada tulang kaki, tangan, pinggul, rusuk dan selangka saja. Tap tulang rahang juga bisa mengalaminya.

Tulang rahang atas

Rahang atas terdiri dari 2 tulang maksila bagian kanan dan kiri yang berbentuk piramida (tidak beraturan) dan menyatu di tengah tengkorak. Keduanya memisahkan rongga hidung dan mulut.

Merupakan salah satu tulang paling utama pada wajah dan terdiri dari tulang di bagian atas mulut, bagian bawah mata, dan bagian bawah dan samping dari hidung.

Bagian rahang ini dapat membantu menegaskan bentuk wajah. Selain itu, juga merupakan tempat tumbuhnya gigi atas, membentuk langit-langit mulut dan bawah rongga mata.

Sakit rahang atas

Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan sakit rahang, salah satunya dan yang paling sering terjadi adalah cedera  patah tulang atas. Hal tersebut bisa tejadi akibat kecelakaan kendaraan, alami hantaman keras, jatuh, atau tertabrak benda keras.

Saat hal ini terjadi seseorang akan mengalami sensasi longgar pada bibir atau pipi, tertariknya bola mata, dan goyangnya gigi.

Indikasi lain dari keretakan pada tulang rahang atas adalah:

  • Kesulitan melihat
  • Melihat secara berbayang
  • Rahang yang tidak pada posisinya
  • Kesulitan menelan, makan, atau berbicara
  • Gigi tercabut
  • Mimisan
  • Pembengkakan di pipi
  • Bentuk tulang di sekitar hidung yang berbeda
  • Memar di sekitar mata dan hidung
  • Kebas di daerah rahang atas
  • Rasa nyeri di bibir bagian atas dan rahang ketika sedang berbicara, makan, atau mengunyah

Bila tidak segera ditangani, Anda dapat mengalami komplikasi berupa:

  • Kesulitan bernapas dari hidung
  • Kerusakan pada saraf atau otak akibat cedera di kepala
  • Kehilangan kemampuan untuk makan, berbicara, dan mengunyah secara normal
  • Kesulitan mencium aroma atau merasakan cita rasa
  • Kebas, rasa lemas, dan nyeri pada rahang yang bersifat permanen

Obat Nyeri Tulang Rahang Atas

Keretakan tulang rahang atas sangat mengganggu fungsi tulang rahang atas dan karenanya perlu segera ditangani. Penanganan tergantung dari tingkat keparahan dari keretakan tulang rahang atas yang dialami.Umumnya, tulang rahang atas yang patah memerlukan operasi untuk mengembalikan tulang rahang atas dan tulang-tulang di sekitarnya.Bila tidak terlalu parah, dokter akan merekomendasikan penanganan lain sampai rahang atas sembuh dengan sendirinya. Biasanya, Anda akan diminta untuk mengonsumsi makanan yang lunak dan menjalani pemeriksaan rutin.Segera konsultasikan ke dokter apabila Anda mengalami gangguan pada tulang rahang atas, khususnya sehabis cedera, agar Anda bisa menjalani pemeriksaan dan penanganan yang tepat

Tulang rahang bawah

Tulang rahang bawah atau tulang mandibula adalah tulang terbesar pada tengkorak manusia. Bentuk tulang rahang bawah terdiri dari dua bagian, yaitu bagian melengkung secara horizontal yang membentuk garis rahang bawah dan vertikal yang terhubung pada kedua sisi tubuh.

Tulang ini membentuk bagian bawah tengkorak, struktur gigi bawah, dan struktur mulut bersama dengan tulang rahang atas. Tulang rahang bawah juga dapat membantu menggerakkan mulut, seperti mengunyah makanan.

Sakit rahang bawah

Masalah bisa menyerang dan mengganggu fungsi tulang rahang bawah Anda. Umunya, gangguan yang dialami pada bagian tulang rahang bawah adalah keretakan atau dislokasi pada tulang rahang bawah akibat jatuh atau kecelakaan.Dislokasi tulang rahang bawah bisa terjadi akibat tulang rahang bawah yang terdorong ke belakang. Akibatnya,tulang rahang bawah tidak dapat menutup atau bahkan mengalami pergeseran posisi.Anda juga bisa mengalami trauma berupa hantaman benda keras pada tulang rahang bawah yang berpotensi merusak gigi dan bagian kepala atau leher lainnya.Infeksi atau penyakit dapat melanda tulang rahang bawah, seperti tendinitis, infeksi di gigi, gangguan sendi rahang, dan sebagainya. Infeksi tersebut dapat memicu pembengkakan dan rasa sakit pada bagian tulang rahang bawah yang dekat dengan tulang pipi.Salah satu kondisi yang jarang terjadi berupa osteomielitis bisa menghalangi fungsi tulang rahang bawah. Kondisi ini merujuk pada infeksi pada tulang yang dapat menghancurkan tulang rahang bawah dan tidak bisa disembuhkan seperti semula.Terkadang, penderita osteomielitis dapat mengalami pertumbuhan kista di dekat gigi geraham yang juga turut dapat menghancurkan tulang rahang bawah.

Obat Nyeri Tulang Rahang Bawah

Masalah yang dapat menghambat fungsi tulang rahang bawah perlu segera diatasi. Penangananya tergantung dari kondisi yang dialami oleh tulang rahang bawah.Pada keretakan tulang rahang bawah yang parah, penderita perlu dipasangkan kawat atau penyokong di sekitar gigi untuk menahan tulang rahang bawah hingga sembuh total.Beberapa kondisi yang mengganggu fungsi tulang rahang bawah, seperti pergeseran posisi tulang rahang bawah, gangguan sendi rahang, dan sebagainya memerlukan operasi. Salah satu operasi yang dilakukan adalah memotong dan membentuk ulang tulang rahang bawah.Untuk mendapatkan penanganan yang tepat, Anda perlu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab dari keluhan pada tulang rahang bawah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Jati Barat No. 34, RT007/005, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now