Kenali Berbagai Pemicu Nyeri Pada Penderita Trigeminal Neuralgia

Trigeminal neuralgia adalah kondisi nyeri kronis yang ditandai dengan nyeri wajah tajam dan intens. Nyeri ini biasanya terjadi secara tiba-tiba dan bisa berlangsung mulai dari hitungan detik hingga beberapa menit. Penyakit ini seringkali dianggap sebagai salah satu nyeri paling menyiksa sampai seseorang tidak bisa beraktivitas dengan normal.

Pengertian Trigeminal Neuralgia

Trigeminal neuralgia adalah masalah kesehatan yang terjadi akibat adanya gangguan pada saraf trigeminal, saraf ke lima dari 12 saraf kranial di kepala. Saraf trigeminal bertanggung jawab untuk mengirimkan sensasi dari wajah ke otak. Ketika fungsi saraf ini terganggu, dapat menyebabkan nyeri hebat di area wajah.

Penyebab Trigeminal Neuralgia

Berikut ini adalah beberapa penyebab dari trigeminal neuralgia yang sebaiknya diwaspadai:

Tekanan pada Saraf Trigeminal

Tekanan pada saraf trigeminal adalah salah satu penyebab utama trigeminal neuralgia. Tekanan ini sering disebabkan oleh pembuluh darah yang menyentuh atau menekan saraf trigeminal, menyebabkan saraf menjadi rusak atau teriritasi.

Multiple Sclerosis (MS)

Trigeminal neuralgia juga bisa menjadi komplikasi dari multiple sclerosis, sebuah penyakit yang menyebabkan kerusakan pada myelin, selubung pelindung saraf. Kerusakan ini dapat mempengaruhi saraf trigeminal dan memicu nyeri wajah.

Tumor

Meskipun jarang, tumor yang berkembang di dekat saraf trigeminal bisa menyebabkan tekanan dan memicu trigeminal neuralgia.

Cedera atau Trauma Wajah

Cedera pada wajah, baik akibat kecelakaan atau prosedur bedah, dapat menyebabkan kerusakan pada saraf trigeminal dan memicu gejala trigeminal neuralgia.

Infeksi

Infeksi yang mempengaruhi saraf trigeminal, seperti herpes zoster (cacar ular), dapat menyebabkan peradangan dan memicu nyeri.

Gejala Trigeminal Neuralgia

Gejala utama trigeminal neuralgia adalah nyeri wajah yang intens dan mendadak. Beberapa karakteristik nyeri trigeminal neuralgia antara lain:

  • Nyeri sering digambarkan seperti sengatan listrik atau tajam menusuk.
  • Nyeri biasanya berlangsung beberapa detik hingga beberapa menit.
  • Aktivitas sehari-hari seperti menyikat gigi, mengunyah, berbicara, atau bahkan angin yang terkena wajah bisa memicu serangan nyeri.
  • Nyeri bisa terjadi di satu sisi wajah, biasanya di area pipi, rahang, atau sekitar mata.

Pemicu Trigeminal Neuralgia

Beberapa aktivitas dapat memicu munculnya nyeri pada penderita trigeminal neuralgia, seperti:

  • Makan dan minum
  • Tersenyum
  • Berbicara
  • Menggosok gigi
  • Membersihkan muka

Cara Mengatasi Trigeminal Neuralgia

Trigeminal neuralgia dapat diatasi dengan pemberian obat anti nyeri. Namun, obat anti nyeri hanya memberikan dampak yang tidak lama dan rasa sakitnya mungkin akan kambuh. Pada tahap awal, dokter akan melakukan anamnesis atau bertanya riwayat penyakit dan melakukan pemeriksaan fisik serta penunjang. Pemeriksaan penunjang bertujuan untuk menegakkan diagnosis agar dokter dapat memberikan metode pengobatan yang sesuai.

Selain obat anti nyeri, ada cara lain yang lebih efektif yaitu dengan Radiofrekuensi Ablasi (RFA). Radiofrekuensi ablasi atau rhizotomy adalah prosedur minimal invasif tanpa bedah dengan menggunakan gelombang radiofrekuensi. Gelombang radiofrekuensi ini akan dialirkan ke area saraf trigeminal untuk menghambat serabut saraf mengirim sinyal nyeri ke otak. Dengan cara ini, rasa nyeri hilang dan Anda pun bisa beraktivitas secara normal.

RFA memiliki keunggulan dibanding prosedur bedah terbuka, seperti waktu tindakan yang relatif singkat, lebih aman karena tidak merusak jaringan di sekitar saraf, risiko komplikasi pasca tindakan lebih rendah, dan proses pemulihan yang cepat.

Bila Anda atau keluarga terdekat memiliki gejala trigeminal neuralgia, segera periksakan diri ke Klinik Arfa Pain. Arfa Pain adalah pelayanan kesehatan yang khusus menangani masalah nyeri wajah seperti trigeminal neuralgia dan memiliki tim dokter berpengalaman serta peralatan medis yang canggih.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah saraf kami di Klinik Arfa Pain dengan chat ke nomor Whatsapp 0811-1443-599.

Baca juga: Gejala Trigeminal Neuralgia yang Mirip Nyeri Sakit Gigi

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa itu Trigeminal Neuralgia?

Trigeminal neuralgia adalah masalah kesehatan yang terjadi akibat adanya gangguan pada saraf trigeminal. Saraf trigeminal bertanggung jawab untuk mengirimkan sensasi dari wajah ke otak. Ketika fungsi saraf ini terganggu, dapat menyebabkan nyeri hebat di area wajah.

Bagaimana Cara Penyembuhan Trigeminal Neuralgia?

Selain obat anti nyeri, ada cara lain yang lebih efektif yaitu dengan Radiofrekuensi Ablasi (RFA). Radiofrekuensi ablasi atau rhizotomy adalah prosedur minimal invasif tanpa bedah dengan menggunakan gelombang radiofrekuensi.

Apa Pemicu Nyeri Bagi Penderita Trigeminal Neuralgia?

Beberapa aktivitas yang dapat memicu munculnya nyeri, diantaranya: makan dan minum, tersenyum, berbicara, menggosok gigi, dan membersihkan muka

***

Featured photo by dmytrenko.fsk from Freepik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34, RT.7/RW.5, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

registrasi@lamina.co.id

Book Online

Book Online

Appointment Now