Penyakit Sinus, Kenali Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

Penyakit sinus atau sinusitis merupakan  inflamasi atau peradangan yang terjadi pada dinding sinus. Sinus merupakan rongga kecil yang saling terhubung melalui saluran udara  dalam tulang tengkorak. Letaknya, pada  bagian belakang tulang dahi, bagian dalam struktur tulang pipi, kedua sisi batang hidung, dan bagian belakang mata.

Rongga kecil ini menghasilkan lendir  yang berfungsi menyaring dan membersihkan bakteri atau partikel lain dalam udara saat kita menarik napas. Selain itu, rongga kecil ini  juga berfungsi untuk membantu mengendalikan suhu dan kelembapan udara yang masuk ke paru-paru. Beriku beberapa jenis penyakit sinus:

  • Akut, paling umum terjadi dan biasanya akan berlangsung selama 2-4 minggu.
  • Subakut, berlangsung selama 4-12 minggu.
  • Kronis, berlangsung selama lebih dari 12 minggu. Bisa berlanjut sampai berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.
  • Kambuhan, merupakan sinusitis akut yang terjadi hingga tiga kali atau lebih dalam satu tahun.

Gejala dan Penyebab Penyakit Sinus

Pada anak-anak yang mengalami kondisi ini biasanya, akan mengalami rewel, batuk, pilek atau hidung tersumbat. Sedangkan pada orang dewasa, gejalanya  bisa berupa:

  • Pembengkakan sekitar mata.
  • Nyeri wajah.
  • Ingus/ lendir yang keluar dari hidung berwarna kuning kehijauan.
  • Menurunnya fungsi indera penciuman.

Penyebab penyakit sinusitis ini adalah infeksi kuman. Seorang perokok, pasien alergi, atau orang yang sering berenang akan lebih rentan alami penyakit ini. Pemicu dari penyakit ini  bisa karena  kondisi medis tertentu, seperti polip hidung dan rinitis alergi.  Pada beberapa kasus, gejala sinusitis  bisa mirip dengan migrain.

Mendiagnosis Penyakit Sinus

Agar dapat mendiagnosis sinusitis, dokter akan menanyakan terlebih dahulu riwayat penyakit yang pasien derita, gejala yang dialami, dan  melakukan  pemeriksaan telinga, hidung, serta tenggorokan.

Dokter akan menggunakan endoskopi yaitu, alat optik yang dilengkapi dengan senter, untuk mengecek bagian dalam hidung penderita. Melalui alat tersebut, dokter bisa melihat adanya pembengkakan, penumpukan cairan, atau penyumbatan pada hidung.

Bila perlu, dokter mungkin akan merujuk pasien ke dokter spesialis THT dan ada kemungkinan melakuka pemeriksaan lanjutan dengan CT Scan.

Pengobatan dan Pencegahan Sinusitis

Sinusitis yang tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat, bisa menimbulkan komplikasi yang berbahaya, misalnya infeksi otak atau hilangnya kemampuan indera penciuman  permanen. Pada  kasus tertentu, sinusitis harus ditangani dengan operasi.

Pencegahan penyakit sinus bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti:

  • Berhenti merokok.
  • Hindari penderita flu dan pilek.
  • Melakukan imunisasi flu sesuai jadwal.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Jati Barat No. 34, RT007/005, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now