Trigeminal Neuralgia Picu Rasa Nyeri dan Pipi Terasa Kaku

Trigeminal Neuralgia adalah kondisi medis yang mengakibatkan rasa sakit hebat pada wajah, terutama di sekitar daerah saraf trigeminal. Salah satu gejala yang mungkin Anda rasakan adalah sensasi pipi yang terasa nyeri dan kaku. 

Apa itu Trigeminal Neuralgia?

Trigeminal Neuralgia adalah suatu kondisi yang mempengaruhi saraf trigeminal, yang bertanggung jawab atas sensasi wajah. Saraf ini terbagi menjadi tiga cabang utama, yaitu saraf mata, rahang, dan pipi. Ketika saraf ini terganggu, sinyal-sinyal rasa sakit dapat dipicu secara tiba-tiba dan intens, menyebabkan serangan nyeri yang hebat.

Mengapa Pipi Terasa Kaku?

Sensasi pipi yang terasa kaku adalah salah satu gejala umum dari trigeminal neuralgia. Penderita sering menggambarkan sensasi ini sebagai ketegangan atau kekakuan di daerah pipi yang terkena saraf trigeminal. Hal ini terjadi karena serangan rasa sakit yang tiba-tiba dapat membuat otot-otot wajah menegang sebagai respons terhadap nyeri yang hebat.

Gejala Trigeminal Neuralgia pada Pipi

  • Nyeri Tajam: Penderita TN sering mengalami nyeri hebat, seperti tersengat listrik, yang dapat terjadi secara mendadak dan singkat.
  • Sensasi Kaku: Pipi terasa kaku atau tegang sebagai respons terhadap serangan rasa sakit.
  • Sulit Berbicara atau Makan: Kekakuan pada pipi dapat membuat sulit untuk berbicara atau makan dengan nyaman.
  • Rasa Sakit Menyebar: Meskipun sering kali terjadi pada satu sisi wajah, rasa sakit dapat menyebar ke area sekitarnya.

Pengobatan Trigeminal Neuralgia

Sebelum melakukan pengobatan, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan dan memberikan diagnosis yang akurat. Salah satu metode pengobatan yang terbukti efektif dalam mengatasi nyeri trigeminal neuralgia adalah dengan Radiofrekuensi Ablasi. Radiofrekuensi Ablasi (RFA) merupakan tindakan non bedah yang menggunakan energi panas untuk merusak serabut saraf agar tidak lagi mengirimkan sinyal nyeri ke otak. 

RFA lebih minim risiko karena tidak merusak jaringan di sekitar saraf dan proses penyembuhannya pun relatif lebih cepat dari prosedur bedah. Selain itu, rasa nyeri akibat trigeminal neuralgia dapat sembuh dan bertahan dalam jangka waktu lama.

Apabila anda memiliki keluhan nyeri di wajah akibat trigeminal neuralgia, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah saraf di Lamina Pain and Spine Center. Untuk membuat janji konsultasi dan mengetahui informasi lebih lanjut, silahkan hubungi nomor 021-7919-6999 atau chat melalui whatsapp di 0811 1443 599.

Baca juga: Trigeminal Neuralgia Bisa Sebabkan Pipi Nyeri Saat Mengunyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34, RT.7/RW.5, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

registrasi@lamina.co.id

Book Online

Book Online

Appointment Now