Posisi Tidur Yang Tepat Bisa Bantu Ringankan Sakit Kepala

Posisi tidur ternyata bisa membantu meringankan sakit kepala. Sakit kepala merupakan salah satu masalah kesehatan yang sangat umum terjadi. Semua orang pasti pernah mengalami sakit kepala setidaknya satu kali dalam hidup. Jika bersifat ringan, biasanya bisa teratasi dengan istirahat yang cukup dan minum obat pereda sakit kepala. Nah, ternyata tidak hanya itu saja, lho. Posisi tidur yang tepat juga dapat membantu meringankan keluhan satu ini.  Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Posisi Tidur yang Baik untuk Ringankan Sakit Kepala

Banyak orang sering mengalami sakit kepala kronis. Posisi leher kamu saat tidur bisa jadi berperan penting dalam terjadinya  sakit kepala yang kamu alami. Selain itu, bagaimana kamu tidur juga dapat mengubah cara tubuh bekerja saat siang hari.

Nah, untuk mencegah sakit kepala yang sering terjadi adalah tidur dengan satu set bantal kecil tambahan pada leher untuk mencegahnya terpelintir. Menurut seorang ahli, postur tidur malam sama pentingnya dengan postur tidur pada siang hari, karena merupakan waktunya tubuh beristirahat dan memperbaiki diri.

Selain itu, pemicu sakit kepala migrain seringnya berasal dari leher. Hal ini karena leher terhubung ke punggung yang terdiri dari tulang belakang dan punggung bawah, sehingga seluruh area tersebut perlu kamu rawat dan perbaiki. Hanya memperbaiki posisi leher saja mungkin tidak akan membantu.

Penting juga untuk menjaga tulang belakang dalam posisi netral dan melengkung alami saat tidur untuk menghindari masalah tersebut. Anjuran posisi tidur untuk mengatasi masalah ini adalah tidur telentang dengan bantal pada bawah lutut. Hal ini akan membantu merilekskan kedua lutut dan punggung.

Baca juga: Cara Mengobati Sakit Kepala

Mencegah Sakit Kepala

Selain memperbaiki posisi tidur, kamu juga perlu meningkatkan kualitas tidur. Menurut Jason Rosenberg, MD, direktur John Hopkins Headache Center, pada banyak kasus ketika seseorang memiliki tidur yang berkualitas, bisa mencegah dari berbagai jenis sakit kepala.

Jadi, bila kamu sering kesulitan tidur saat malam hari, cobalah untuk melakukan tips-tips berikut:

  • Hindari mengonsumsi kafein, nikotin, alkohol, dan makan dalam porsi besar menjelang waktu tidur.
  • Bila kamu sulit tidur, bangunlah dari tempat tidur dan lakukan relaksasi dalam cahaya rendah di tempat lain
  • Jauhkan ponsel atau alat elektronik lainnya dari tempat tidur. Cahaya layar dari alat elektronik tersebut bisa membuat kamu tetap terjaga.
  • Bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari. Hal ini dapat membantu membentuk jam tidur tubuh kamu secara alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Jati Barat No. 34, RT007/005, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now