Sakit Wajah Sebelah Kiri Seperti Kesetrum atau Tertusuk, Bisa Jadi Trigeminal Neuralgia

Pernah merasakan nyeri atau sakit sebelah yang amat sangat hingga terasa ke bagian gusi, gigi, atau bagian dalam mulut?

Nyerinya juga berkisar dari ringan hingga sangat menyiksa. Penderitanya kadangkala ingin melakukan bunuh diri akibat tidak bisa tahan lagi terhadap nyerinya.

Salah satu penyebab nyeri wajah menyiksa ini adalah trigeminal neuralgia. Penyakit ini memiliki nama lain yaitu tic douloureux.

Klik Disini Untuk Konsultasi Via Whatsapp Gratis

 

Penyakit nyeri wajah sebelah ini memang tak banyak dikenal. Bahkan penderitanya kadangkala menyangka hal ini disebabkan oleh masalah pada giginya.

Jenis/ Tipe Nyeri Wajah Sebelah

Jenis trigeminal neuralgia terbagi menjadi 3 yang juga didasari oleh nyeri yang sering muncul. Tipe klasik (tipe 1) yang nyerinya terjadi spontan dan episodik. Tipe atipikal (tipe 2) dengan nyeri spontan dan lama nyeri terus menerus. Sedangkan tipe 3 atau injuri, disebabkan oleh trauma, cedera, atau pernah melakukan operasi tertentu, misalnya sinus.

Penyebab Trigeminal Neuralgia?

Trigeminal neuralgia disebabkan oleh adanya pembuluh darah yang menekan pada saraf trigeminal (merupakan saraf kelima) sehingga merusak lapisan pelindung luar saraf (myelin) yang mengakibatkan otak menerima sinyal dari serat saraf yang mengirimkan rasa sakit. Karena tekanan tersebut dapat menyebabkan iritasi pada saraf yang menimbulkan arus listrik yang dirasakan sebagai nyeri kesetrum atau ditusuk-tusuk, seolah-olah berasal dari kulit wajah atau gigi.

Disebut dengan trigeminal neuralgia karena memiliki saraf trigeminal di wajah ini memiliki tiga cabang, yaitu:

  1. Oftalmik (daerah mata dan dahi)
  2. Maksila (daerah pipi, rahang atas dan gigi atas), dan
  3. Mandibula (daerah rahang bawah dan gigi bawah)

Ketiga cabang ini menjadi satu yang disebut ganglion trigeminus yang seterusnya akan berlanjut ke dalam batang otak.

Akibat saraf trigeminal memiliki tiga cabang ini, maka bila saraf kelima ini bermasalah, nyeri yang ditimbulkan dapat menjalar hingga ke area yang dipersarafinya. Ada yang merasakan nyeri di dahi, mata, gigi, kulit wajah, pipi bahkan hingga terasa di daerah langit-langit mulut ataupun lidah. Rasa nyeri di setiap penderita berbeda-beda letaknya.

Setiap episode nyeri hanya berlangsung beberapa detik atau menit, tetapi beberapa orang mungkin mengalami beberapa episode secara terus menerus dan dapat bertahan selama beberapa jam. Nyeri timbul akibat dipicu oleh aktivitas tertentu, seperti mengunyah, menyikat gigi, mencuci muka, tersenyum, terkena AC, dsb namun bisa juga timbul nyeri tanpa pemicu apapun.

Pemeriksaan dan Pengobatan Trigeminal Neuralgia

Untuk memastikan diagnosis, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan, yaitu:

  • Neurologis, dengan menyentuh wajah untuk memastikan lokasi asal nyeri
  • Refleks untuk menentukan apakah terjadi penekanan pada saraf atau kondisi lainnya
  • Magnetic resonance imaging (MRI), untuk mengetahui ada tidaknya multipel sklerosis yang dapat menyebabkan nyeri wajah sebelah ini
  • Pada beberapa kasus dokter mungkin menyuntikkan zat pewarna ke dalam pembuluh darah untuk mengetahui aliran vena atau arteri yang dikenal dengan magnetic resonance angiogram

Radiofrekuensi Ablasi Sebagai Terapi Nyeri Wajah Sebelah

Masalah nyeri wajah sebelah ini, dapat ditangani dengan metode nonbedah dan metode bedah. Pemberian obat-obat (farmakoterapi) termasuk ke dalam penanganan nonbedah. Bila obat ini tidak lagi efektif, dokter akan menganjurkan beberapa tindakan.

Untuk metode bedah, dilakukan dengan teknik operasi dan teknologi invasif minimal, yakni radiofrekuensi ablasi (RFA) dan hanya sekitar 20 menit.

RFA dapat dijadikan salah satu solusi untuk membantu mengatasi nyeri wajah sebelah dan dapat memberikan tingkat keberhasilan yang cukup baik.  Begitu pula, teknik ini menjadi pilihan bagi Anda yang enggan melakukan tindakan bedah setelah menimbang risiko operasi.

Klik Disini Untuk Konsultasi Via Whatsapp Gratis

 

Klinik Lamina Pain and Spine Center memiliki teknologi RFA ini sejak lama. Teknologi RFA ini dilakukan untuk memblok saraf yang bermasalah agar tidak mengalirkan nyeri ke otak.

Di Lamina Pain and Spine Center, RFA untuk mengatasi nyeri wajah sebelah dilakukan oleh dokter spesialis yang sudah berpengalaman dan tidak perlu rawat inap pula.

5 Comments
  1. Balas
    Fiki saputra

    Ak sdh 3 hri skit rahang kanan ak g bisa mkn dn mgunyah dn bgkak sgat skit ap yg hrs ak lakukan

  2. Balas
    Ika yulia lestari

    Dok ini saya sakit gigi berlubang tp knp dirahang bawah bagian kanan setiap gigi saya sakit ikut”an sakit Dan hingga menyalur pada telinga kanan sperti ditusuk

  3. Balas
    Jurmilah asni

    Sdah 3 hari sya mengalami pembengkakan pda wajah pdhal gigi saya yg bolong tdak ad yg sakit obat yg sya konsumsi tdak bereaksi sma sekali.amox.paraset dan asamametamat,hari ini hari ketiga gusi aras sya ikut2an bengkak.apakahbsya hrus k dokter gigi dlu buat pemeriksaan ok

  4. Balas
    erik suzan

    Selamat pagi dokter? mohon bantuan nya, klau gigi sakit, sudah di cabut pipi kiri masih bengkak dan nyeri sekali. apakah bisa di tangani sederhana? terimakasih sudah membantu.

  5. Balas
    benyamin

    sore,,boleh tau obat semntaranya apa ya ???yg saya alami sprtinya maksila..trims

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Jati Barat No. 34, RT007/005, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now