Tak Hanya Wajah, Tangan Kesemutan Juga Bisa Terjadi

Tangan kesemutan biasa terjadi, tapi tahukah kamu jika kondisi ini berlangsung lama bisa jadi sebuah gejala pada  kondisi medis tertentu sama halnya dengan wajah kesemutan. Kedua kondisi ini bisa terjadi karena adanya kerusakan saraf. Namun, juga bisa karena hal lain oleh sebab itu sangat penting untuk mengetahui penyebabnya.

Pada tangan yang mengalami kesemutan dan terjadi sementara biasanya karena mengalami tekanan. Jika kamu menghilangkan tekanan tersebut gejala kesemutan akan menghilang. Tapi, jika gejala tersebut tak kunjung hilang, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya. Hanya dengan mengetahui penyebabnya makan gejala dapat hilang.

Penyebab tangan kesemutan

Kerusakan saraf

Tangan kesemutan dan wajah kesemutan bisa terjadi karena kerusakan saraf.  Penyebab kerusakan saraf pada tangan bisa karena beberapa hal, seperti infeksi, cedera, atau penggunaan tangan secara berlebihan. Bila gejala ini kamu alami dalam jangka panjang,  bisa juga karena  penyakit yang menyebabkan kerusakan sistem saraf yang tidak hanya berada pada tangan. Penyakit yang memiliki  kemungkinan mengalami gejala ini adalah stroke, multiple sclerosis, dan tumor otak.

Carpal tunnel syndrome (CTS)

Carpal tunnel syndrome atau sindrom terowongan karpal juga memiliki gejala ini. Kondisi ini  merupakan salah satu jenis kerusakan saraf akibat tekanan berulang dan iritasi saraf medianus pada tangan.  Selain itu,  penyebab kondisi ini bisa juga  karena trauma akibat pekerjaan yang seseorang lakukan secara terus-menerus. Beberapa orang yang berisiko mengalami kondisi ini adalah mereka yang sering bekerja dengan menggunakan tangan untuk mengetik atau menulis.

Rheumatoid arthritis

Pada tangan yang mengalami rheumatoid arthritis  bisa menimbulkan gejala  CTS, termasuk kesemutan pada tangan dan pergelangan. Sensasi  gejala ini bisa sangat mengganggu terutama pada malam hari.

Diabetes

Pembuluh darah kecil yang mengalami gangguan juga bisa menjadi salah satu penyebab kesemutan pada tangan. Biasanya terjadi pada penderita diabetes.

Penyebab wajah kesemutan

Sama seperti kaki maupun tangan, muka kesemutan bisa karena beberapa faktor. Penyebabnya tentunya ada yang berbeda dari yang dirasakan pada tangan atau kaki.  Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan penyebab wajak kesemutan berikut ini.

 Kerusakan Saraf

Dalam tubuh setiap orang tentunya memiliki saraf dan salah satunya pada wajah. Saat saraf pada wajah mengalami kerusakan, kamu bisa merasakan kesemutan bahkan nyeri sampai mati rasa. Penyebab umumnya adalah cedera pada saraf. Selain cedera, gejala ini bisa juga karena trigeminal neuralgia.

Multiple Sclerosis

Seseorang yang mengalami multiple sclerosis akan merasakan gejala satu ini.  Hal ini terjadi karena sistem imun yang mengalami gangguan sehingga menyerang bagian tubuh terutama  selubung pelindung sel saraf.

Bell’s palsy

Bell’s palsy terjadi akibat meradangnya saraf pada bagian wajah. Kondisi ini juga mengakibatkan kelumpuhan pada salah satu sisi wajah sementara.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Jati Barat No. 34, RT007/005, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now