Tips Konsultasi Via Online Kesehatan Yang Efektif

Konsultasi via online semakin marak semenjak pandemi. Banyak masyarakat yang memilih konsultasi kesehatan via online untuk menghindari kerumunan yang biasa terjadi pada  tempat umum ataupun fasilitas kesehatan. 

Selain menghindari kerumunan, hadirnya layanan ini bisa membantu masyarakat yang tinggalnya jauh dari fasilitas kesehatan yan ada. Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, kini konsultasi dengan dokter pun dapat dilakukan secara online. Penggunaan layanan ini bisa dengan menggunakan chat, telepon, atau video call. 

Apakah efektif konsultasi via online soal kesehatan? 

Berkonsultasi dengan cara ini memang terlihat sederhana. Namun, apakah hal ini efektif dalam proses pemeriksaan medis?  Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan hasil yang maksimal saat menggunakan jasa layanan ini. 

1. Pilih jadwal yang tepat 

Untuk memaksimalkan proses pemeriksaan secara online, sebaiknya kamu memilih jadwal yang tepat. Jadwal yang tepat, maksudnya kamu memiliki waktu luang yang cukup untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Ini menjadi penting sebab pemeriksaan kesehatan tidak bisa kamu lakukan secara terburu-buru. 

2. Catat keluhan 

Salah satu kekurangan dari konsultasi via online adalah terbatasnya waktu pemeriksaan. Sering kali pasien lupa terhadap keluhan-keluhan yang ia rasakan dan membuang waktu saat proses pemeriksaan dengan dokter. Mencatat keluhan yang kamu rasakan bisa memaksimalkan proses berkonsultasi online dengan dokter. 

3. Fokus 

Pastikan saat pemeriksaan berlangsung atau dokter sedang menyampaikan informasi, kamu mendengarkannya dengan fokus. Fokus saat pemeriksaan berlangsung dapat membantu kamu memahami penjelasan dokter.

4. Pastikan kamu memahami penjelasan dokter 

Jika kamu kurang paham dengan penjelasan dokter, mintalah dokter untuk kembali menjelaskan secara pelan yang ia maksud dengan bahasa yang bisa kamu pahami. 

5. Catat hasil konsultasi 

Keterbatasan waktu dan juga penjelasan dokter yang singkat seringkali membuat kita lupa. Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, kamu bisa mencatat point-point penting saat konsultasi sedang berlangsung. Dengan mencatat kamu jadi bisa lebih mudah untuk mengingat ataupun memahami kembali hasil dari sesi konsultasi via online dengan dokter. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Jati Barat No. 34, RT007/005, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now