sakit wajah sebelah kanan

Sakit Wajah Sebelah Kanan Akibat Trigeminal Neuralgia

Sakit wajah sebelah kanan, salah satu penyebabnya adalah trigeminal neuralgia atau nyeri saraf.

Menurut International Association for The Study of Pain (IASP) trigeminal neuralgia adalah nyeri atau sakit wajah sebelah, bisa kanan atau kiri, yang timbulnya secara mendadak, berlangsung singkat namun nyeri berat seperti ada yang menusuk wajah.

Trigeminal neuralgia merupakan nyeri neuropatik (rasa sakit yang terkait dengan adanya cedera pada saraf) yang umumnya terjadi remisi atau kekambuhan dalam jangka waktu yang bervariasi.

The International Headache Society menyatakan, trigeminal neuralgia adalah nyeri wajah yang menyakitkan, nyeri terasa singkat seperti tersengat listrik.

Saraf Trigeminus atau Trigeminal

Saraf ini mempersarafi wajah dan kepala. Terdapat 3 divisi yang mempersarafi dahi dan mata (V1 oftalmikus), pipi (V2 maksilaris) serta wajah bagian bawah dan rahang (V3 mandibularis).

Fungsi saraf ini adalah sensasi sentuhan wajah, sakit/nyeri dan suhu, serta membantu mengendalikan kerja otot pengunyahan. Fungsinya ini berbeda dengan saraf fasialis atau saraf otak ke VII yang mengendalikan semua gerakan wajah.

Jenis Sakit Wajah Sebelah Kanan Akibat Trigeminal Neuralgia

The International Headache Society membagi trigeminal neuralgia menjadi dua tipe yaitu:

1.Idiopatik: pada trigeminal neuralgia ini pemeriksaan anamnesis, pemeriksaan fisik dan neurologis serta pemeriksaan penunjang, tidak dapat menemukan penyebabnya

–  nyeri  paroksismal (sering dalam waktu singkat dengan gejala yang sama) di area cabang mandibularis

– hilang timbul nyerinya dan berlangsung dari hitungan detik hingga menit

– gejala utama dan tunggal adalah nyeri

 

2.Simtomatik: dari pemeriksaan penunjang tertentu dapat mengetahui penyebabnya

– nyeri terus menerus di area mata

– timbul rasa kebas atau kelumpuhan saraf otak

Ciri utama trigeminal neuralgia (atau istilah lainnya adalah tic douloureux) adalah nyeri seperti ada yang menusuk wajah. Serangan sakit  wajah sebelah akibat trigeminal neuralgia ini dapat berlangsung dalam beberapa detik sampai menit.

Sebagian penderitanya merasakan sakit ringan atau seperti ada yang menusuk wajah. Lainnya merasakan nyeri yang cukup ringan, berat, seperti terkena sengatan listrik.

Pada penderita berat trigeminal neuralgia nyerinya seperti ada yang menembak. Serangan ini bisa hilang dan timbul dan kadang sehari tidak terjadi, namun bisa juga timbul setiap hari.

Penyebab Sakit Wajah Sebelah Kanan

Sakit wajah sebelah kanan akibat saraf trigeminus yang bermasalah seringkali berhubungan dengan penyakit multiple sclerosis dan kompresi atau tekanan pada arteri serebeli anterior inferior, akibat tumor atau malformasi arteri vena yang menekan saraf trigeminus.

Sebagian besar kasus sakit wajah sebelah kanan akibat trigeminal neuralgia merupakan kasus klasik (idiopatik).

Beberapa teori menyebutkan trigeminal neuralgia terjadi akibat adanya kompresi vaskular pada saraf trigeminus sehingga menyebabkan kerusakan saraf ini.

Penekanan secara mekanik pembuluh darah pada akar saraf paling sering terjadi.

Pada orang normal pembuluh darah ini tidak bersinggungan dengan saraf trigeminus.

Penyebab penekanan oleh arteri atau vena – baik besar maupun kecil – mungkin hanya menyentuh atau tertekuk pada saraf kelima ini.

Pembuluh darah arteri yang sering menekan akar saraf ini adalah arteri cerebelar superior. Penekanan yang berulang dapat menyebabkan iritasi dan bila berlangsung lama dapat mengakibatkan hilangnya lapisan mielin (demielinisasi) pada serabut saraf.

Sebagai hasilnya terjadi peningkatan aktivitas aferen serabut saraf dan penghantaran sinyal dan akhirnya menimbulkan gejala trigeminal neuralgia.

Sedangkan trigeminal neuralgia yang simtomatik penyebabnya adalah adanya jaringan abnormal (lesi) yang mengenai saraf trigeminus misalnya kelainan bentuk pembuluh darah dan tumor.

Pemicu Sakit Wajah Sebelah Kanan

Sakit wajah sebelah akibat trigeminal neuralgia terasa hanya salah satu sisi wajah, kiri atau kanan.

Rasa nyeri atau sakitnya dapat terpicu hanya dengan aktivitas ringan seperti:

  • Menyikat gigi
  • Mencukur jenggot
  • Menggosok wajah
  • Menyentuh wajah
  • Saat berdandan atau menggunakan make up
  • Minum atau makan panas atau dingin
  • Berbicara
  • Wajah terpapar angin
  • Nyeri pada pipi, rahang, gusi, gigi dan bibir
  • Wajah terasa kebas atau kesemutan sebelum timbul nyeri atau sakit

Dari hasil beberapa studi, faktor pemicu (trigger zone) tersebut dirasakan pada sebagian besar pasien dan seringkali pada area sekitar hidung atau mulut.

Area Sakit Wajah Sebelah Kanan

Beberapa studi mengenai trigeminal neuralgia, menunjukkan sekitar 60 persen pasien merasakan nyeri menusuk yang menjalar dari sudut mulut ke sudut rahang.

Sedangkan pasien lainnya (sekitar 30 persen) merasakan nyeri yang menyentak atau menyengat dari bibir atas atau area gigi taring hingga ke mata dan alis.

Nyeri akan muncul di area sesuai dengan cabang saraf trigeminus yaitu mandibula (rahang bawah), maksila (rahang atas), dan oftalmikus (mata). Lainnya (sekitar 5 persen) pasien mengalami nyeri pada peradangan saraf trigeminus cabang oftalmikus.

Pemeriksaan penunjang terkadang perlu untuk membedakan trigeminal neuralgia idiopatik atau simtomatik. Pemeriksaan penunjang termasuk CT scan, MRI

Pengobatan Trigeminal Neuralgia

Terdapat beberapa alternatif penanganan sesuai dengan kondisi Anda.

-Obat-obatan.The American Academy of Neurology and The European Federation of Neurological Societies merekomendasikan karbamazepin (sebagai antikonvulsan) sebagai pilihan pertama terapi.

-Tindakan bedah yaitu stereotactic radiosurgery, gamma-knife radiosurgery

Radiofrekuensi ablasi (RFA) merupakan prosedur minimally invasive agar saraf tidak lagi mengirimkan sinyal nyeri ke otak.

Fisioterapi Sakit Wajah Sebelah Akibat Trigeminal Neuralgia

Program latihan fisik fisioterapi bermanfaat meningkatkan, memperbaiki dan menjaga kesehatan baik psikologis maupun sosial penderitanya.

Dokter akan menyusun program ini sesuai dengan kebutuhan pasien. Menurut studi oleh Reeta dkk (2016) untuk membantu mengatasi sakit wajah sebelah akibat trigeminal neuralgia, fisioterapi cukup efisien yang mencakup TENS (Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation) dan ultrasound.

Fisioterapi juga dapat membantu mengurangi nyeri dan membantu Anda agar dapat melakukan pekerjaan harian Anda. Fisioterapi dapat berupa:

  • Akupunktur (untuk membantu meredakan nyeri dan tekanan pada wajah
  • Latihan leher isometrik
  • Teknik relaksasi, seperti latihan pernapasan (deep breathing exercise)
  • Latihan kardiovaskular agar kesehatan tubuh tetap terjaga

Dokter juga akan memberikan beberapa edukasi seperti perlunya asupan makanan sehat, dan cukup beristirahat agar tidak terjadi stres.

Selain itu, hindari minum air yang terlalu dingin atau panas atau tidak mencuci wajah dengan air yang terlalu dingin. Saat mengunyah makanan (salah satu pemicu timbulnya sakit), usahakan mengunyah pada bagian yang tidak nyeri.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Jati Barat No. 34, RT007/005, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now