Penyebab Wajah Kesetrum Akibat Penyakit Trigeminal Neuralgia

Pemicu timbulnya sensasi wajah kesetrum bisa terjadi karena beberapa aktivitas sederhana, misalnya, menyikat gigi, atau menggunakan make-up.  Penyakit saraf  trigeminal neuralgia bisa menyebabkan sensasi wajah kesetrum. Penyakit ini  menyerang bagian saraf trigeminal yang merupakan bagian saraf kelima dari 12 saraf kranial yang berada pada otak. Dalam kondisi normal saraf ini memiliki fungsi stimulasi pada bagian rongga mulut, mata hingga bagian dahi dan juga kulit kepala. 

Terkadang saraf yang memiliki tiga cabang besar ini mengalami desakan dan tertekan oleh bagian struktur lain di kepala. Kondisi ini menimbulkan munculnya rasa sakit dan nyeri yang hebat pada bagian wajah. Kondisi wajah kesetrum dalam frekuensi yang cukup ringan bisa sembuh dengan sendirinya. 

Apa penyebab trigeminal neuralgia 

Penyakit trigeminal neuralgia menyebabkan sensasi wajah kesetrum. Hal ini dari akibat adanya pembuluh darah yang menekan saraf  trigeminal neuralgia. Pada kondisi ini saraf mengirimkan informasi kepada otak untuk kemudian dirasakan sebagai nyeri yang terasa tertusuk pada penderita. 

Tekanan pada saraf juga bisa terjadi akibat beberapa kondisi seperti: 

  • Adanya tumor pada kepala penderita
  • Penyakit multiple sclerosis
  • Kerusakan saraf akibat kecelakaan
  • Infeksi

Gejala Trigeminal Neuralgia, Selain Sensasi Wajah Kesetrum

Pada beberapa kasus, penyebab dari trigeminal neuralgia tidak bisa diketahui secara jelas. Gejala trigeminal neuralgia adalah rasa nyeri. Namun nyeri yang muncul akibat  trigeminal neuralgia bisa berbeda pada masing-masing penderita. Berikut beberapa gejala  trigeminal neuralgia yang perlu kamu tahu: 

  1. Frekuensi nyeri yang muncul tidak menentu, ada pasien yang merasakan nyeri secara tiba-tiba dalam hitungan detik, ada juga yang bertahan lama hingga menit, jam, hari bahkan berminggu-minggu. 
  2. Nyeri akibat trigeminal neuralgia juga terjadi pada sebagian wajah. Namun, ada juga penderita yang merasakannya pada keseluruhan wajah. 
  3. Muncul sensasi seperti tersetrum listrik. 
  4. Munculnya rasa kebas, 
  5. Rasa nyeri yang muncul, bisa pada satu titik, namun juga bisa meluas pada seluruh wajah. 

Gejala trigeminal neuralgia juga bisa muncul akibat kebiasaan atau aktivitas harian yang terlihat sepele seperti: 

  • Menyentuh area wajah, 
  • Bercukur, 
  • Saat mengunyah makanan, 
  • Minum, 
  • Sakit gigi,
  • Berbicara, 
  • Saat sedang berhias diri atau make-up,
  • Terkena hembusan angin,
  • Saat tersenyum, 
  • Mencuci wajah. 

Pengobatan yang efektif untuk trigeminal neuralgia

Jika wajah terasa kesetrum, menusuk segeralah periksakan diri ke dokter. Hal ini penting, sebab dokter bisa memastikan diagnosis penyebab nyeri dan bisa memberikan solusi terkait pengobatan yang efektif. Penyakit trigeminal neuralgia bisa terobati dengan beberapa tindakan. 

Mengonsumsi Obat 

Untuk meredakan penyakit trigeminal neuralgia umumnya dokter akan memberikan beberapa rekomendasi obat rutin untuk pasien. Dokter juga akan memberikan resep obat anti kejang, hal ini karena pada pasien trigeminal neuralgia obat anti kejang bermanfaat untuk mencegah pelepasan informasi nyeri oleh saraf. Selain itu dokter juga akan memberikan resep obat muscle relaxant atau obat pelemas otot dan juga obat antidepresan tricyclic. 

Tindakan Bedah

Ketika pasien sudah menjalani jalur pengobatan namun belum mendapat hasil yang maksimal, maka pengobatan yang bisa menjadi solusi adalah dengan tindakan operasi. Terdapat beberapa jenis operasi yang bisa untuk mengatasi penyakit ini. Kondisi penyakit trigeminal neuralgia bisa sangat mengganggu penderita oleh karena itu pemeriksaan diri ke dokter untuk bisa mendapatkan penanganan terbaik. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Jati Barat No. 34, RT007/005, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now