Konsultasi Dokter Online, Baca Dulu Faktanya

Konsultasi dokter online merupakan salah satu bentuk dari kemajuan teknologi. Ini tentu membawa keuntungan bagi masyarakat sehingga mereka jadi bisa mengetahui kondisi kesehatannya tanpa perlu pergi ke rumah sakit dan bertemu dokter secara langsung.

Konsultasi dokter online umumnya dilakukan bagi pasien yang mengalami keluhan kesehatan ringan. Namun, hal ini masih belum bisa menggantikan berkonsultasi secara langsung dengan dokter. Tapi, setidaknya  bisa membantu memberikan gambaran sementara terkait penyakit yang mungkin pasien derita.

Konsultasi Dokter Online

Kamu bisa berkonsultasi ke dengan online kapan pun saat mengalami keluhan kesehatan, baik melalui aplikasi atau layanan video call, bergantung pada penyedia jasa. Konsultasi tidak hanya sebatas ke dokter umum, tapi juga bisa dokter spesialis.

Saat berkonsultasi, dokter akan menanyakan keluhan yang pasien alami dan riwayat kesehatannya. Kamu juga bisa menyertakan foto terkait keluhan  untuk mempermudah dan/atau membantu memberikan gambaran yang lebih detail oada dokter.

Selain menanyakan keluhan dan riwayat penyakit, dokter juga akan menanyakan obat apa saja yang sedang kamu konsumsi, apakah ada alergi tertentu. Hal ini tentunya akan membantu dokter  lebih mudah mendiagnosis penyakit serta saran penanganannya.

Tentunya, setiap hal memiliki kelebihan dan kekurangan, begitupu  dengan layanan konsultasi dokter online satu ini.

Kelebihan

Hadirnya layanan ini, bisa membantu menekan penyebaran COVID-19. Jika ada banyak orang yang memanfaatkan layanan ini, jumlah orang yang berkunjung ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnua untuk bertemu dokter juga akan berkurang. Maka, risiko  tertular atau menularkan virus Corona di  akan lebih rendah.

Selain itu juga dapat menghemat biaya dan waktu. Ini karena tarif pembayarabn jasa untuk berkonsultasi secara online tidak semahal biaya berkonsultasi secara langsung, sekalipun ke dokter spesialis.

Lebih lanjut, biaya transportasi untuk berkunjung ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan tidak ada. Kamu juga bisa menghemat lebih banyak waktu karena tidak perlu melakukan perjalanan  dan menunggu antrean bertemu dengan dokter.

Kekurangan

Berkonsultasi dokter online tidak sepenuhnya bisa menggantikan berkonsultasi secara langsung. Hal ini karena, sebagian besar pemeriksaan fisik, seperti mendengarkan detak jantung atau suara ketukan jari pada dinding dada dan meraba benjolan, harus secara langsung.

Selain itu, tidak adanya pemeriksaan fisik hanya sebatas wawancara keluhan dan lampiran foto terkait keluhan. Hal ini kemudian bisa saja membuat sesi berkonsultasi kurang maksimal.

Belum lagi, jika terkendala sinyal bisa membuat kesalahan informasi dari pasien ke dokter ataupun sebaliknya.

Kekurangan lainnya adalah konsultasi dokter online tidak bisa mengatasi kondisi darurat. Pemeriksaan MRI atau CT Scan harus secara langsung.

Mesikipun bisa lebih praktis, mudah, dan hemat, layanan ini masih belum bisa menggantikan berkonsultasi secara langsung.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Jati Barat No. 34, RT007/005, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now