berapa biaya operasi trigeminal neuralgia

Berapa Biaya Operasi Trigeminal Neuralgia?

Berapa biaya operasi trigeminal neuralgia di Indonesia cukup bervariasi. Namun kadang berat ringannya biaya operasi trigeminal neuralgia menjadi pertimbangan tersendiri bagi penderitanya karena tak tahan dengan nyeri akibat trigeminal neuralgia ini.

Apa Itu Penyakit Trigeminal Neuralgia?

Trigeminal neuralgia adalah kondisi nyeri kronis yang bersumber pada saraf trigeminal. Saraf ini bekerja menghantarkan sensasi dari wajah menuju otak, dan mengendalikan fungsi motorik wajah, seperti mengunyah dan menggigit.

Saraf trigeminal adalah saraf kelima dari 12 saraf kranial yang ada pada otak. Apa fungsi saraf trigeminal pada kondisi normal, adalah untuk memberikan stimulasi pada area rongga mulut, mata, hingga dahi dan kulit kepala. Namun, ada kalanya saraf yang memiliki tiga cabang besar ini tertekan atau terdesak oleh struktur lain pada kepala sehingga memicu nyeri.

Sebagian besar nyeri akibat trigeminal neuralgia hanya berdampak pada salah satu sisi wajah saja. Kalau penderitanya bercerita seperti apa nyerinya, penderitanya akan mengatakan nyerinya ini sangat mengerikan, terasa seperti kesetrum listrik atau tertusuk.

Terpaan angin sepoi-sepoi akan terasa tamparan, usapan terasa seperti kulit yang tersayat. Inilah kira-kira deskripsi nyeri akibat trigeminal neuralgia.

Hal atau aktivitas ringan harian seperti menyikat gigi, berdandan, mengunyah, mencukur sudah bisa memicu nyeri wajah sebelah ini. Mungkin penyakit ini memang jarang terdengar, namun terkadang bisa membuat penderitanya ingin melakukan bunuh diri akibat nyeri yang tak tertahankan.

Namun ada kalanya, nyeri akibat trigeminal neuralgia ini muncul secara spontan tanpa ada pemicu sebelumnya.

Penyebab utamanya diduga adalah pembuluh darah yang menekan saraf trigeminal. Pembuluh darah yang berdenyut akan menekan saraf trigeminal. Hal ini mengakibatkan saraf mengirimkan informasi ke otak yang kemudian otak akan menerjemahkannya sebagai rasa nyeri yang menusuk.

Selain itu, ada beberapa faktor yang juga bisa menekan saraf trigeminal ini misalnya adanya tumor, multiple sclerosis, akibat kecelakaan, infeksi dan lainnya.

Gejala  dan Berapa Biaya Operasi Trigeminal Neuralgia

Rasa nyeri hebat akibat penyakit ini terasa terutama pada area pipi, rahang, gusi, gigi, atau bibir. Pada beberapa kasus nyeri juga dapat terasa pada sekitar mata dan dahi. Nyeri umumnya hanya salah satu sisi wajah. Wajah sisi kanan lebih sering daripada wajah sisi kiri.Kualitas nyeri digambarkan seperti tersengat listrik, tertusuk, tajam, kram, baal, tegang atau seperti terbakar.

Umumnya nyeri berlangsung secara paroksismal, tiba-tiba, intens, dan sangat singkat (<1 detik hingga 2 menit). Jumlah serangan sangat bervariasi mulai dari beberapa kali per hari hingga ratusan serangan per hari. Kadang rasa sakit atau nyeri ini tidak muncul selama beberapa waktu, lalu kemudian muncul lagi tak terduga.

Nyeri terpicu saat berbicara, tersenyum, mengunyah, menggosok gigi, mencuci muka, sentuhan lembut pada wajah, berdandan atau bercukur, udara dingin, aliran air, hingga getaran pada wajah.

Umumnya terasa pada area antara hidung dan bibir, bibir atas dan bawah, dagu, pipi, dan gusi. Lokasi nyeri tidak selalu sesuai dengan lokasi pemicu, misalnya rangsangan sekitar bibir bawah dapat menyebabkan nyeri pelipis, atau lokasi pemicu sisi hidung dapat menyebabkan nyeri yang menjalar ke dahi atau bibir atas.

Berapa Biaya Operasi Trigeminal Neuralgia

Saat ini, cara menghilangkan nyeri di wajah akibat neuralgia trigeminal dapat dokter lakukan dengan berbagai cara.

Pilihan pertama mungkin dokter akan memberikan obat-obatan seperti carbamazepin, antiepilepsi dan gabapentin. Sayangnya, kadang obat ini tidak efektif mengusir nyeri.

Kadang dokter kemungkinan akan menyarankan operasi yang cukup menguras dana. Berapa biaya operasi trigeminal neuralgia ini perkiraannya mencapai Rp150 juta dengan prosedur dekompresi mikrovaskular. Dokter akan memasang lapisan teflon antara saraf dan pembuluh darah yang berdekatan sehingga denyutannya tidak lagi mengusik saraf trigeminal. namun tindakan ini bukan tanpa risiko.

Alternatif lainnya adalah dengan injeksi botox yang mungkin biayanya lebih murah. Namun efeknya tak lama.

Nah kini untuk mengatasi nyeri akibat trigeminal neuralgia, sudah ada teknologi terkini tanpa operasi yaitu dengan radiofrekuensi ablasi (RFA). Tindakan ini secara sederhananya seperti mematikan ujung saraf sehingga tidak lagi menghantarkan rasa nyeri ke otak.

Metode ini tanpa operasi, jadi tidak perlu rawat inap, Anda bisa langsung pulang setelah tindakan yang berlangsung sekitar 1 jam. Biaya RFA in jauh lebih murah daripada operasi tentunya.

Bahaya Trigeminal Neuralgia

Nyeri wajah sebelah akibat trigeminal neuralgia dapat menurunkan kualitar hidup akibat nyerinya. Bahkan tak lagi mampu melakukan kegiatan secara normal sehingga dapat berpotensi memicu depresi, kecemasan, dan stres. Bahkan penderitanya sering berpikir untuk bunuh diri .

http://https://www.youtube.com/watch?v=sbmKSABgVzo

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Jati Barat No. 34, RT007/005, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now