Alami Kedutan Bibir Atas, Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Kedutan bibir atas, apakah kamu pernah mengalaminya? Ternyata tak hanya mata saja yang bisa mengalami kedutan, bibir juga bisa mengalaminya, lho. Kedutan bisa terjadi pada bibir atas atau hanya bagian bawahnya saja.

Lalu, apa saja sih penyebab kedutan bibir atas? Berikut penjelasannya.

Penyebab Kedutan Bibir Atas

1. Kekurangan kalium

Kekurangan kalium pada tubuh di tandai dengan otot yang sering berkedut, termasuk pada bibir. Hal ini berkaitan dengan peran kalium dalam tubuh yang meneruskan sinyal syaraf dari otak ke seluruh tubuh.

2. Kelebihan kafein

Mengonsumsi makanan atau minuman yang berkafein secara berlebihan juga bisa membuat bibir berkedut. Hal ini karena kafein pada kopi merangsang sistem syaraf pusat untuk memicu pelepasan hormon serotonin dan noradrenalin.

Kedua hormon tersebut mengakibatkan otot bereaksi berlebih terhadap sinyal syaraf motorik. Jadi, tak perlu heran jika kamu mengalami kedutan bibir atas setelah meminum-minuman berkafein, seperti kopi lebih dari 3 cangkir dalam sehari.

3. Mengonsumsi obat tertentu

Mengonsumsi beberapa obat seperti, obat-obatan steroid memiliki efek samping alami kedutan pada otot.

4. Bell’s palsy

penyebab kedutan bibir atas

Bell’s palsy merupakan kondisi  kelumpuhan pada  satu sisi wajah akibat peradangan dan pembengkakan syaraf perifer yang mengontrol otot wajah. Beberapa orang mungkin akan mengalami kedutan pada bibirnya. Baik kedutan bibir atas, bawah saja, atau  sisi kanan dan kirinya saja.

5. Parkinson

Parkinson adalah penyakit saraf yang membuat pengidapnya mengalami  sulit bergerak. Penyakit ini dengan kekakuan otot atau tremor kecil pada bagian tangan atau kaki.Tremor juga bisa terjadi pada daerah bibir bawah dan sekitar dagu

6. Sindrom Tourette

Sindrom ini merupakan  gangguan sistem syaraf otak yang menyebabkan munculnya pola gerakan yang terjadi tiba-tiba tanpa sengaja, berulang, dan tidak dapat di kendalikan.

6. Trauma

Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh trauma, misalnya terjadi cedera pada kepala yang mengenai batang otak. Kemudian, cedera ini dapat  merusak syaraf wajah sehingga menyebabkan otot pada bibirnya berkedut

8. Stres

Saat mengalami stres, cemas, dan kelelahan yang ekstrem juga bisa menjadi penyebab kondisi ini. Meningkatnya  hormon stres kortisol  membuat otot wajah kaku atau gampang berkedut.

Baca Juga: Stres Jadi Penyebab Nyeri Tulang Belakang Tak Kunjung Sembuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Jati Barat No. 34, RT007/005, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now