Kelumpuhan Wajah, Bisa Terjadi Karena Hal Ini

Kelumpuhan wajah atau ketidakmampuan wajah untuk digerakkan  merupakan salah satu pertanda ada masalah pada saraf dan/atau otot wajah. Otot wajah yang mengalami hal ini umumnya tampak kendur dengan gerakan yang terbatas atau bahkan sama sekali tidak bisa bergerak atau lumpuh total. Kondisi ini bisa berlangsung sebentar atau lama bergantung pada penyebabnya.

Lalu, apa saja sih faktor risiko penyebab kelumpuhan wajah? Simak penjalasannya, berikut ini.

Penyebab Kelumpuhan Wajah

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab kelumpuhan pada wajah. Faktor-faktor tersebut kemungkinan bisa berasal dari lahir atau akibat masalah kesehatan.  Berikut faktor-faktor penyebab umum kelumpuhan wajah:

1. Bawaan lahir

Kelumpuhan wajah bisa  berasal dari bawaan lahir, penyebabnya adalah tidak berkembangnya syaraf dan/atau otot wajah secara sempurna dalam rahim. Kondisi ini bisa juga terjadi hanya sebelah saja jika syaraf mengalami trauma dan kerusakan saat proses persalinan.

Pada beberapa kasus, penyebab kondisi ini  juga bisa karena hemifacial microsomia (HFM). Berkaitan dengan pertumbuhan sel abnormal pada wajah janin selama dalam kandungan. Namun, penyebab pastinya belum diketahui.

2. Bell’s palsy

bells palsy sebabkan kelumpuhan wajah

Bell’s palsy merupakan penyebab paling umum dari mati rasa sebelah pada wajah. Penyakit ini terjadi ketika syaraf mengalami peradangan, pembengkakan, atau tertekan sehingga membuat otot sebelah wajah menjadi  turun dan tidak bisa untuk menggerakkannya.

Penyebab pastinya masih belum diketahui, namun para ahli meyakini bahwa peradangan pada  syaraf bisa dipicu oleh infeksi virus atau bakteri.

3. Stroke

Penyakit satu ini merupakan dampak dari terhentinya aliran darah menuju otak. Sel-sel otak membutuhkan darah yang kaya akan oksigen. Jika kekurangan darah selama beberapa menit saja sudah bisa menyebabkan kematian pada sel-sel otak dan syaraf pada sekitarnya.

Tidak hanya bisa menyebabkan mati rasa sebelah pada wajah saja, tapi juga bisa menimpa  tangan, kaki, sampai seluruh tubuh.

4. Benturan pada tengkorak atau wajah

Benturan keras pada tengkorak atau wajah bisa terjadi saat mengalami kecelakaan saat berkendara atau mengalami cedera. Sehingga hal ini bisa menimbulkan tekanan pada saraf wajah dan menyebabkan kerusakan. Akibatnya, salah satu sisi menjadi mati rasa. Untuk mengurangi tekanan pada syaraf tersebut perlu melakukan operasi.

5. Tumor

Tumor pada kepala atau leher juga bisa menimbulkan gejala ini. Bila letak tumor berada dekat dengan syaraf wajah, pengangkatan tumor bisa juga menyebabkan kelumpuhan sementara ataupun permanen pada salah satu sisi.

Oleh karena itu, pasien perlu melakukan konsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk  melakukan  operasi pengangkatan tumor.

Baca Juga: Penyebab Nyeri Wajah Sebelah

Kelumpuhan ini tentu akan menimbulkan kekhawatiran karena berkaitan dengan kondisi kesehatan. Belum lahi jika ternyata efeknya berjangka panjang atau menyebabkan komplikasi yang lebih serius.

Segerelah mencari bantuan medis jika mengalami kondisi ini, baik yang terjadi secara tiba-tiba atau pun perlahan. Hal ini bertujuan agar mendapat penanganan yang tepat sesuai dengan penyebabnya dan tingkat keparahannya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Jati Barat No. 34, RT007/005, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now