Penyebab Sakit Kepala Setelah Bangun Tidur

Penyebab sakit kepala setelah bangun tidur bisa karena beberapa hal. Nah, apakah kamu sering alami kondisi ini setelah bangun tidur, misalnya kepala terasa berat?  Tahukah kamu setidaknya ada satu dari tiga belas orang pernah mengalami kondisi ini. Ada kemungkinan terjadi akibat pada pagi hari, tubuh memproduksi hormon pereda nyeri yang lebih sedikit.

Kondisi ini tidak bisa kamu sepelekan karena terkadang bisa saja menjadi sebuah pertanda adanya masalah kesehatan tertentu. Yuk, simak penjelasan lebih lanjut.

 Apa saja penyebab sakit kepala saat bangun tidur?

1. Insomnia

Waktu tidur yang  tidak teratur atau kesulitan tidur  (insomnia)? Bisa jadi keluhan sakit kepala saat bangun tidur bisa karena kedua hal tersebut. Insomnia bisa membuat siklus tidur terganggu sehingga  mungkin akan memicu terjadinya keluhan tersebut.

2. Migrain

Migrain atau sakit kepala sebelah bisa menjadi salah satu penyebab keluhan ini. Akan ada kemungkinan semakin terasa pada pukul 4−8 pagi.

3. Kesulitan bernapas saat tidur

Kesulitan bernapas saat tidur (sleep apnea) merupakan  gangguan yang bisa menyebabkan pernapasan penderitanya terhalang atau terhimpit selama beberapa detik saat tidur. Hal ini bisa menyebabkan kadar oksigen dalam otak berkurang. Kemudian akan memicu seseorang mengalami keluhan ini.

Gejala sleep apnea antara lain mendengkur keras, sesak napas ketika tidur, sering terbangun saat tertidur, berkeringat saat tidur, dan kelelahan saat bangun tidur.

4. Kebiasaan menggemeretakkan gigi 

Kebiasaan ini saat tidur bisa menjadi penyebab keluhan ini terjadi. Lebih lanjut, bisa membuat kualitas tidur menjadi berkurang.

5. Gangguan kecemasan dan depresi

Gangguan kecemasan dan depresi merupakan salah satu penyebab sakit kepala kronis saat pagi hari. Saat cemas atau depresi, seseorang cenderung sulit tidur dan mengalami insomnia sehingga berisiko mengalami keluhan tersebut saat bangun tidur.

Baca juga: Cara Mengobati Sakit Kepala

Bagaimana cara mengatais kondisi ini?

Mengalami sakit kepala saat bangun tidur memang sangat tidak nyaman. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara untuk mengatasinya, antara lain; menjaga kualitas tidur, melakukan teknik relaksasi, mengelola stres, dan batasi konsumsi kafein.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Jati Barat No. 34, RT007/005, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now