Sering Alami Pusing Saat Cuaca Panas? Begini Penjelasannya!

Pusing saat cuaca panas, pasti setiap orang pernah mengalaminya. Apalagi bagi mereka yang tinggal di negara tropis yang memiliki cuaca hangat akibat paparan sinar matahari hampir sepanjang tahun.

Saat seseorang mengalami pusing, biasanya akan merasakan sensasi seperti akan pingsan, goyah, tidak stabil keseimbangannya, perasaan melayang dan berputar.

Lalu, apakah penyebab pusing saat cuaca panas? Berikut penjelasannya!

 Penyebab Pusing Saat Cuaca Panas

Penyebab pusing saat cuaca panas cukup beragam, antara lain dehidrasi, polusi udara, heat exhaustion, serta heat stroke. Berikut adalah penjelasannya:

1. Dehidrasi

Salah satu pemicu pusing saat suhu panas adalah dehidrasi. Saat terpapar suhu panas dalam jangka waktu lama, tubuh membutuhkan lebih banyak air yang menggantikan cairan yang telah hilang. Hal ini diakibatkan dari ketidakseimbangan air dalam tubuh dan dehidrasi.

2. Terpapar suhu panas

Terpapar panasnya sinar matahari dalam waktu lama bisa meningkatkan risiko mengalami heat exhaustion. Kondisi ini biasanya terjadi setelah terpapar suhu panas tinggi yang sering terjadi bersamaan dengan dehidrasi. Jadi, kondisi ini tidak hanya kepanasan biasa tapi lebih serius. Jika mengurutkannya dari derajat ringan hingga parah, bisa berupa heat cramp, heat exhaustion dan heat stroke.

3. Cahaya yang terlalu silau

Kondisi pusing ketika melihat cahaya terang atau terlalu silau  disebut juga dengan fotofobia. Kondisi ini cukup sering terjadi dan biasanya timbul saat melihat sinar matahari maupun lampu yang sangat terang.

 Solusi Hindari Pusing Saat Cuaca Panas

Nah, apabila kamu sering mengalami pusing ketika cuaca panas, bisa melakukan beberapa tindakan pencegahan berikut ini:

Jangan terlalu lama aktivitas di luar ruangan

Kamu bisa mengurangi waktu aktivitas di luar ruangan apalagi saat cuaca panas, misalnya pada tengah hari.

Bawa air minum dan rajin minum air

Cairan tubuh memiliki peran penting sebagai membantu kinerja sel dan organ dalam tubuh sampai membantu mengendalikan suhu tubuh tetap normal. Semakin kamu beraktivitas padat dan berat maka kinerja seseorang semakin meningkat. Apalagi jika aktivitasnya berada di bawah teriknya matahari. Cairan tubuh akan semakin berkurang dalam jumlah banyak. Oleh sebab itu rajin minum air putih saat beraktivitas saat cuaca panas sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh tetap terjaga.

Gunakan perlindungan

Kamu bisa menggunakan perlindungan dari paparan sinar matahari dengan menggunakan topi, kacamata hitam atau payung. Barang-barang tersebut bisa membantu kamu terhindar dari pusing yang dapat timbul akibat cuaca yang panas.

Lakukan Olahraga Jangan Siang Hari

Kita semua mengetahui jika olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Saat berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang mampu meredakan rasa sakit. Selain itu, olahraga juga efektif mengurangi stres dan membantu seseorang untuk bisa tertidur lelap saat malam hari. Meski begitu, manfaat olahraga baru bisa kamu rasakan ketika jika melakukannya dengan tepat. Misalnya saja tidak melakukannya saat siang hari.

Konsumsi Obat Antinyeri

Jika mengalami pusing bersamaan dengan sakit kepala, kamu bisa mengonsumsi obat antinyeri, seperti ibuprofen. Namun,  jika merasakan gejala lainnya seperti pusing, kepala terasa berat, kram otot, dan mual, sebaiknya kamu hentikan segala aktivitas dan istirahatlah.

 

Jika keluhan tak kunjung mereda dalam 1-2 jam, sebaiknya segera periksakan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Jati Barat No. 34, RT007/005, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now